Mini Case 2 – MTV

Walaupun didirikan lebih dari dua decade lalu ( pada tahun 1980 ), MTV Networks tetap menjadi trend global di pasar kaum muda. Suka atau tidak, kita hidup di dunia MTV. Dari lantai dansa di Hull, Inggris, sampai ke Lapangan Merah Moskow di mana 200.000 remaja rusia berkumpul dalam konser MTV, smapai ke Filipina dimana dia menjadi saluran kabel nomer dua, MTV benar-benar menguasai. Dana bagi para pemasar produk global-seperti Nike, Gap, Erisson, Levi Strauss, dan Procter & Gamble-yang berharap untuk menangkap pasar remaja dan kaum mud, MTV merupakan platform utama dalam mempertunjukkan produk mereka. MTV Networks, sebuah divisi dari Viacom Inc., memiliki dan menjalankan jaringan kabel MTV, VH1, dan Nickelodeon. Sejak Viacom melakukan merger dengan jaringan televisi CBS, MTV mencakup CMT (Country Music Television) dan TNN(The Nashiville Network). Selain itu, property kabel lainnya mencakup Nick at Nite dan TV Land. Dibawah kepemimpinan CEO Tom Freston, perusahaan itu menghasilkan $ 1 milyar laba pada tahun 1999, naik 25 pesen dari tahun 1998, tetapi hanya $ 50 juta darinya yang datng dari operasi global.

Sebagai pemasok utama video rock sebagai hiburan, MTV telah menggali dan menyuburkan evolusi video rock dari panggung sederhana bintang music yang menyanyikan lagu hitnya samapai ke mini events yang bergaya dan futuristik yang menampilkan bintang music, set panggung, gambar computer, alat-alat, dan penari. Orang-orang muda diseluruh dunia-Viacom memperkirakan setiap detik tiap harinya hamper 2 juta orang, 1,2 juta diantaranya di luar Amerika Serikat-bergabung untuk menonton para selebriti MTV beraksi.Rap spin sheik hip-hop Punjabi di India, veejay Cina mempromosikan kemiripannya dengan Ricky Martin, dan penyiar Italia menggabungkan memasak dengan countdown music.

Bagaimana Freston menjaga MTV supaya sesuai dengan tingkah pemirsa sasarannya yang sulit dimengerti dan mengikuti mode melalui riset kuantitatif yang intensif. Freston berkata bahwa riset konsumen adalah kuncinya. MTV melakukan ratusan jenis riset yang berbeda-beda dari memvideokan remaja sampai pergi ke klub untuk mensurvai kebiasaan menonton. Tantangan bagi MTV adalah bahwa orang-orang muda itu bertumbuh dan berpindah, dan ketika jaringan TV itu telah terbiasa melayani satu kelompok dan sikap khusus mereka, seluruh generasi baru datang ke saluran itu. Akan tetapi, kesuksesan MTV dating dari lebih dari sekedar mengetahui alat dan teknik apa yang digunakan. Freston berkata keberhasilan juga datang dari mempunyai karyawan di seluruh dunia yang antusias tertarik pada apa yang mereka lakukan dan yang mempunyai instink yang bagus dan perasaan budaya yang baik. Budaya perusahaan itu memelihara lingkungan tersebut, bahkan di divisi globalnya. Sebagai contoh, manajemen MTV India, yang berpusat di Bombay, sekarang 100 persen local. Akan tetapi, ketika divisi itu bertumbuh, para manajer dari kantor pusat di New York melatih orang setempat mengenal budaya perusahaan dan kegiatan operasioanal. Freston berkata bahwa para manajer di MTV India diharapkan “berpikir menurt pikiran orang-orang india.” Sekarang ini saluran TV India menghasilkan 21 show yang dibawakan oleh veejay local yang berbicara Hinglish, gabungan antara bahasa Hindi dan Inggris. Dan, seperti MTV yang berafiliasi di seluruh dunia, mereka memajukan kegiatan amal social seperti waspada terhadap AIDS, lingkungan dan pendaftaran pemilih pemilu. Para manajer di divisi global MTV lainnya juga di harapkan untuk mengetahui pasar mereka dan menjalankan usahanya sesuai dengan pasar itu. Malahan, Freston yakin bahwa program yang di produksi secara local merupakan kunci untuk mengubah 22 saluran global MTV menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Walaupun MTV menghadapi persaingan yang ketat dari para rival asing yang meniru tampilan dari gayanya dan peraturan pemerintah asing yang sering mengancam rencana jaringan TV itu, tampaknya jaringan tersebut mempunyai rumus yang menarik pemirsa muda kelompok tertentu di seluruh dunia.(sumber Buku Manajemen jilid 7 – Stephen P. Robbins, hal 243)

This entry was posted in Mini Case. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *